Menanti Senja di Akhir Pekan

Hari Sabtu

Hari sudah sore. Matahari dia atas sana semakin terang memancarkan cahayanya. Selepas saya pulang kerja, saya bergegas menuju stasiun Universitas Indonesia. Tujuan saya kesana untuk membeli buku-buku perkuliahan di toko buku yang ramai dikunjungi mahasiswa UI dan sekitarnya. Toko buku ini dikenal dengan toko buku kober. Letaknya persis di samping stasiun Universitas Indonesia. Cukup melewati jembatan penyeberangan orang (JPO) stasiun UI, kita sudah sampai persis di depan toko buku kober. Jembatan penyeberangan ini cukup tinggi dibanding dengan jembatan penyeberangan yang umumnya ada di Jakarta. Mungkin salah satu alasannya, standar tinggi jembatan penyeberangan yang ada di atas jalan raya berbeda dengan jembatan penyeberangan di atas rel kereta api. Saya mendapat rekomendasi dari seorang teman di kampus bahwa toko buku kober ini yang cukup lengkap untuk ukuran mahasiswa dan harga buku-bukunya juga terjangkau.

Sebelum sampai di toko kober ini, saya bertanya dimana alamat toko buku kober dengan dua orang remaja yang sedang  mengobrol di halte depan masjid Al-Ukhuwah UI. Dari mereka saya mendapat info letak toko buku kober di samping persis stasiun UI. Dari halte tersebut, saya berjalan kaki kurang lebih 200 meter ke stasiun UI dan dari sana saya menaiki jembatan penyeberangan.

Saat berjalan menuju stasiun UI saya melihat banyak remaja yang sedang joging sore di jalan utama kampus UI. Saya pernah dua kali joging di tempat ini. Saya mengakui kampus ini kampus yang sangat memelihara penghijauan (di kiri kana mudah ditemui pohon-pohon besar yang tertata rapi), bersih, lahan terbuka hijau ada di setiap gedung fakultas dan banyak fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang ada di sekitar Universitas Indonesia. Jalan utama kampus ini sering dijadikan oleh masyarakat umum untuk trek joging pada akhir pekan. Tidak heran, hampir tiap akhir pekan jalan utama kampus UI ini dipadati oleh masyarakat yang ada di Jakarta, Depok, dan sekitarnya. Banyak diantara mereka yang datang ke tempat ini untuk berolahraga bersama keluarga dan mencicipi kuliner yang ada di sekitar kampus ini.

Saya tiba di toko buku Marwan (salah satu nama buku di sekitar jalan kober). Saya menyebutkan beberapa judul buku yang saya butuhkan kepada pedagang  toko buku ini. Pedagang tersebut dengan sigap mencarikan nama-nama buku yang saya sebutkan tadi. Sambil menunggu datangnya pesanan buku, saya mengamati toko buku ini. Seisi ruangan toko ini dipenuhi oleh beragam jenis buku dari berbagi bidang pengetahuan. Buku-buku tersebut disusun rapi diatas rak-rak buku yang tingginya sampai mengenai plafon atap ruangan tok ini. Dengan begitu, mudah bagi pembeli melihat dan mencari buku yang ingin mereka beli. Di luar toko juga masih berjejer padat dan bertumpuk-tumpuk buku yang di pajang.

Harga buku yang di tawarkan juga beragam di sesuaikan dengan kondisi buku yang ingin dibeli. Bila kondisi bukunya bagus, harganya juga menyesuaikan. Bila kondisi buku kurang bagus (cover tidak terbaca, buku lecak), harganya semakin murah. Selain itu, buku-buku yang ingin dibeli boleh di buka plastiknya agar pembaca bisa melihat menyeluruh isi buku agar pembeli yakin bahwa buku ini yang sedang mereka butuhkan. Karena letaknya sangat strategis di samping stasiun UI, maka secara otomatis jumlah pengunjung dan jumlah pembeli toko buku ini cukup banyak. Maka saran buat pengunjung yang akan datang ke toko buku ini mesti bersabar dan harap antri.

Dari toko Marwan itu, saya membeli empat buku penunjang perkuliahan dan satu buku kumpulan cerpen dan sajak karya Dee Lestari. Sebelum pulang, saya meminta kartu nama toko buku ini untuk keperluan suatu hari bila saya ingin membeli buku, saya bisa menelpon toko buku ini apa ada buku yang sedang saya butuhkan. Bila sudah begitu, saya tinggal memesan via WA atau telepon buku yang saya cari, dan saat saya datang ke toko buku ini saya tinggal membayar dan membawa buku yang sudah saya beli. Jadi tidak perlu menunggu buku dicarikan dulu.

Selesai dari toko buku tersebut, hari sudah gelap. Saya kembali berjalan menuju tempat parkit motor yang ada di depan masjid Al-Ukhuwah UI. Saya berjalan di sepanjang trotoar dengan membawa sejumlah buku dengan tangan kanan saya. Sempat bergantian dengan tangan kiri saya, saat tangan kanan saya mulai terasa pegal. Cahaya lampu di setiap sudut jalan utama kampus UI sudah rata menyala. Jalanan juga semakin sepi. Padahal belum lama matahari tenggelam di ufuk barat. Hanya satu dua orang yang berlalu lalang. Selebihnya lebih banyak orang yang duduk di halte dekat stasiun UI.

Saat membawa sejumlah buku yang saya baru beli ini saya teringat seorang dosen di kampus, “ Setelah kalian diberi kemudahan membeli buku, semoga kalian diberikan kemudahan untuk mau  membaca dan memahami isi buku yang sudah dibeli itu.” Saya tersenyum tipis mengingat pesan itu.

Hari Minggu

Untuk pertama kalianya setelah sekian lama, sore ini telapak kaki saya berjalan tanpa alas di sebuah komplek perumahan. Kaki saya kembali merasakan daun-daun yang masih basah seperti belum lama jatuh dari pohonnya. Daun-daun itu bercampur dengan aspal yang sudah membasah membuat telapak kaki saya dingin saat menginjaknya. Daun-daun itu ada yang masih berwarna hijau dan ada yang sudah menguning. Dibawah pohon-pohon besar yang cukup terawat ini kesejukan hadir begitu saja. saya mulai berjalan dan lari-lari kecil di bawah pohon-pohon itu. Sore itu tidak banyak warga yang joging di jalan komplek perumahan ini. Saya menikmati sore itu ditemani hembusan angin sore, sinaran matahari yang semakin berwarna merah keemasan menandakan sebentar lagi gelap akan datang, dan keramaian remaja yang asyik berbincang sambil berlari beriringan.

Saat matahari terbenam menyisakan gelap di atas sana, saya mengakhiri joging sore ini. Sudah waktunya pulang.

 

Selesai ditulis,

Di Jakarta, 1 April  2016

 

Leave a Reply

