Tahun Baru, Semangat Baru

goals 2016

Tahun 2015 telah berakhir. Tahun 2016 datang. Waktu terus berjalan. Menyisakan kesan tersendiri bagi setiap orang. Bagi saya pergantian tahun adalah momentum untuk mengevaluasi perjalanan yang telah saya  dilalui. Pada saat yang sama pergantian tahun juga membuat saya menyusun harapan dan rencana yang ingin saya capai di tahun ini. Karena bagi saya dengan membuat planning (rencana), hidup menjadi lebih terarah dan saya bisa menghargai waktu untuk maksimal mencapai rencana yang telah disusun.

Saya menutup tahun 2015 dengan mengucap alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah. sampai hari ini saya masih diberikan nikmat untuk terus menunaikan amanah-amanah kehidupan. Saya masih diberi kesempatan untuk mengukir kata demi kata, menyambung kalimat demi kalimat melalui tulisan di blog ini. Saya percaya menulis itu tidak cukup hanya sekedar ingin. Menulis itu butuh ketekunan dan keteguhan. Awalnya butuh dipaksa.  Menulis itu adalah salah satu bentuk syukur saya atas karunia yang Allah swt. berikan kepada saya. Saya bisa menuliskan apa yang sedang saya rasakan dan saya bisa menuliskan informasi yang ingin saya berikan.

Ada beberapa resolusi 2016 yang hendak saya capai. Saya hanya membatasi tulisan resolusi di blog ini sebatas dalam pengembangan diri saya dalam menulis. resolusi mengenai bagian peningkatan ruhiyah, perencanaan keuangan, dan lainnya saya telah tulis dalam catatan pribadi saya secara terpisah. Saya percaya bila menulis dari hari ke hari tidak ada kemajuan berarti tulisan saya  tidak berkembang. Tahun 2015 lalu, saya menyebut tahun itu sebagai tahun pembuka gerbang saya menekuni hobi menulis. Tahun lalu saya sebagian besar dari tulisan saya hanya mengenai catatan harian (diary) dan catatan perjalanan (traveling). Maka di tahun 2016 ini saya akan tetap menulis dua tulisan tersebut dan akan  saya tambah tulisan mengenai:

Pertama, saya ingin meresensi buku. Mengapa? Karena hobi saya membaca buku. Hampir tiap bulan saya membeli buku di toko buku. Terutama di awal bulan. sampai saya punya perpustakaan pribadi yang berisi buku-buku yang saya beli dari semenjak saya lulus SMA. Alhamdulilah jumlahnya dari tahun ke tahun terus meningkat. Selama ini saya hanya sekedar membaca. Selesai membaca ya sudah buku itu ditaruh di atas tumpukan buku-buku lain yang sudah saya baca. Sedikit banyak saya mendapatkan informasi, wawasan, dan pemahaman baru dari buku yang saya baca. Tetapi seiring waktu berjalan, saya berfikir kalau hanya sekedar membaca, informasi penting dan pesan moral dari isi buku itu tidak akan bertahan lama di dalam ingatan. Dalam tempo waktu yang singkat akan cepat terlupa. Maka dari itu saya ingin meresensi buku. Selain isi buku lebih menempel di kepala, meresensi buku juga melatih saya untuk berfikir lebih kritis mengenai isi buku tersebut. Membaca lebih detail isi buku. Saya menargetkan dalam tahun 2016 ini saya meresensi minimal 6 buku. Ini paling minimal. Saya ingin meresensi buku lebih banyak dari itu. Tapi untuk tahap pemula meresensi 6 buku dalam setahun menurut saya ukuran segitu wajar.

Kedua, saya ingin menulis opini tentang pendidikan dan ekonomi. Tentu opini disini opini yang sederhana. Yang demikian ini mau tidak mau saya mesti banyak membaca buku-buku referensi mengenai ekonomi. Karena saat ini saya masih kuliah jurusan pendidikan ekonomi, jadi menulis dengan tema ini tidak akan terlalu berat. Selain dari buku, saya akan mencoba menuliskan tema ini dari hasil seminar-seminar masalah ekonomi kontemporer yang akan saya ikuti pada tahun ini. Nantinya saya membuat ringkasan dari seminar tersebut. Tahun ini saya berniat membuat 6 tulisan mengenai pendidikan dan ekonomi. Bisa saja bagian pendidikan semuanya. Atau bagian ekonomi semuanya. Atau bisa juga dua-duanya. Fleksibel aja.

Ketiga, menuliskan catatan perjalanan empat destinasi wisata. Tahun ini saya berencana mengunjungi empat destinasi wisata dalam negeri. Semoga tercapai ya. Aaminn. Catatan perjalanan ini saya akan buat secara utuh. Baik mulai sebelum berangkat, kegiatan selama di tempat wisata, dan kesan yang dirasakan dari berwisata di tempat tersebut.  Lalu ada pertanyaan, kan melakukan perjalanan butuh biaya yang besar? Itu benar sekali. saya mesti me-manage keuangan pribadi saya. Banyak cara mensiasatinya seperti menyisihkan gaji unruk ditabung untuk keperluan berwisata, mencari tiket promo, atau juga bisa ikut wisata yang open trip.

Keempat, mengikuti 3 sampai 5 event lomba menulis blog, lomba menulis karya ilmiah, lomba menulis cerpen yang diadakan oleh kantor kementerian (pemerintah) dan perguruan tinggi. Harapannya setelah mengikuti event lomba menulis ini dapat menambah pengalaman dan menjaga semangat menulis juga menambah teman (networking).

new-year-goals-and-resolutions-2

Saya yakin selama ada niat baik dan ikhtiar yang baik, maka mewujudkan cita-cita dan mimpi itu bukan hal sulit. Tugas kita berencana, memaksimalkan ikhtiar, memperbanyak doa, hasil jadi berangkat atau tidak itu masalah lain. Disini yang ingin saya capai, seberapa keras usaha saya mengejar itu. Saya tidak mengejar hasil.

Tulisan ini saya buat dengan niat agar semangat menulis saya terus meningkat. Agar saya menghargai waktu. Mengisi waktu dengan aktivitas yang positif. Agar saya lebih bersyukur bahwa nikmat yang diberikan saat ini dapat dimanfaatkan dengan kebaikan. Saat semangat menulis saya menurun dan malas melanda, saya berharap semangat menulis saya kembali datang setelah membaca tulisan ini suatu hari nanti. Atau mungkin ada pembaca blog ini yang tulus ingin mengingatkan saya mengenai resolusi saya di tahun ini.

Bagi saya, menulis itu adalah berbagi. Berbagi pengalaman yang dimiliki, berbagi semangat dan motivasi yang dimiliki, berbagi informasi dan wawasan yang dimiliki. Berbagi itu bukan soal ada atau tidak ada. Berbagi itu persoalan kemauan. Mau apa tidak diri kita berbagi. Karena kalau bukan diri kita yang mengembangkan passion kita, siapa lagi?

Imam Syafi’i berkata : “Apabila kalian mempunyai cita-cita dan mimpi, dan kalian memulai langkah kecilnya hari ini maka insya Allah, jika dilakukan dengan tekun dan teguh,  suatu saat kalian akan sampai pada ujung perjalanan.”

Saya mengucapkan terimakasih kepada pembaca blog ini, kepada pembaca yang sudah mem-follow blog ini, kepada teman-teman yang sudah memberikan komentar di blog ini. Apapun isi tulisan blog ini, inilah tulisan yang saya bisa sharing disini. Buat pembaca yang sudah mampir berkunjung di tulisan ini, saya minta doanya semoga resolusi tahun ini tercapai. Aaamin.

Berikut adalah 5 tulisan saya yang populer di tahun 2015 :

  1. Buku Fiksi yang Menghibur
  2. Guruku, Pembimbingku
  3. Bila Cinta Datang Menyapa (Cerpen)
  4. Indonesia Flight : Mini Workshop Travel Blogger 2015
  5. Sepotong Kisah Belajar dan Mengajar

Selamat membaca dan semoga bermanfaat ya.

 

 

Selesai ditulis,

Di Jakarta, 19  Januari 2016

 

2 thoughts on “Tahun Baru, Semangat Baru

  1. Shabrina Ws January 28, 2016 at 7:18 am Reply

    Semoga terwujud. Aamiin

    • imron prayogi January 28, 2016 at 7:37 pm Reply

      Terimakasih doanya mbak shabrina. Wah seneng blog sya dikunjungi oleh penulis senior.
      Sya masih belajar nulis mbak.

Leave a Reply

