Indonesia Flight : Mini Workshop Travel Blogger

Indonesia Flight : Mini Workshop Travel Blogger bersama Ariev Rahman

11 Desember 2015

Pagi itu saya baru saja sampai kantor. Melepas jaket motor, meletakkan kunci motor diatas meja, kemudian saya menyalakan komputer. Tidak berapa lama ada notifikasi email masuk ke akun gmail saya. Segera ku buka email tersebut. Subject Email : (UNDANGAN) #IndonesiaFlight travel Blogger Mini Workshop 13 Des 2015. Nama pengirim email Nuniek Tirta Sari. Ku baca isi pesan masuk. Lalu saya tersenyum. Alhamdulillah pagi ini saya  mendapat kabar baik. Isi emailnya, “Selamat! Kamu terpilih menjadi peserta #IndonesiaFlight Travel Blogger Mini Workshop yang akan dipandu oleh Indonesia’s Best Travel Blogger 2014 dan 2015 Ariev Rahman (backpackstory.me).” lanjutan emailnya berisi hari, pukul, dan tempat dimana diselenggarakan acara tersebut.

Langsung saya reply email tersebut. Berarti minggu ini saya meluangkan waktu untuk menghadiri acara Indonesia Flight ini. Oh ya info acara mini workshop ini saya dapat dari akun twitter Mas Ariev Rahman beberapa hari yang lalu. Saya salah satu pembaca blog Mas Ariev Rahman (www.backpackstory.me). Saat itu juga saya langsung mengisi form pendaftaran yang link-nya di share di akun twitter Mas Ariev. Niatnya ingin mendengar dan ingin tahu lebih jauh mengenai travel blogger. Dan yang utama yang ingin saya dapat dari acara ini adalah motivasi menjaga semangat menulis. Alhamdulillah, kabar baik itu saya terima. Pagi ini saya terpilih sebagai peserta Mini Workshop Travel Blogger yang diselenggarakan oleh Indonesia Flight.

Print

Minggu, 15 Desember 2015

Menjelang siang saya berangkat menaiki motor kesayanganku. Tidak banyak yang dibawa. Saya hanya membawa tas ransel yang berisi satu buku note dan alat tulis. Sebelum berangkat saya menyempatkan membuka google map mencari rute perjalanan menuju Mango Tree Kuningan. Mataku berbinar melihat garis hijau di peta google map sepanjang jalan Pasar minggu hingga Kuningan. Garis hijau itu menandakan jalur lalu lintas yang sangat lancar.

Siang itu saya tiba di Mango Tree Bistro Epiwalk Kuningan HR Rasuna Said Jakarta Selatan. Selesai parkir motor, saya berjalan memasuki area Epiwalk Kuningan. Melihat jam sudah hampir pukul 12.00. Sebentar lagi acaranya dimulai. Panasnya matahari diatas sana terasa sekali. Saya mempercepat langkah kaki menuju tempat yang sudah ditentukan. Sesekali mata saya melihat ke kanan dan kiri gedung Epiwalk mencari letak posisi Mango Tree Bistro. Sampai di pintu masuk seorang security memberhentikan langkah saya.

“Maaf Pak berhenti sebentar.” Ucapnya datar sambil menggerakkan papan detector di atas ransel yang saya bawa.

“Sudah Pak. Silahkan masuk pak.”

“Oh ya Pak, saya mau tanya Mango Tree yang ada acara Mini Workshop Travel Blogger itu sebelah mana ya Pak?”

“Ini lurus aja Pak. Di depan ada pintu sebelah kanan. Mas masuk ke pintu tersebut. Kemudian jalan sedikit. Mango Tree itu ada di sebelah kanan.” Jawab Pak Security sambil tangan kanannya menunjuki arah yang dimaksud.

“Baik Pak. Terimakasih ya Pak.”ucapku semangat.

Saya melangkah seperti intruksi dari Bapak Security tadi. Mataku menangkap spanduk kecil berwarna merah putih bertuliskan Indonesia Flight. Di sisi kiri spanduk ada panitia dan meja tamu. Sampai juga, saya menarik napas lega.

“Pak, apa benar disini tempat acara Mini Workshop Indonesia Flight?,” Tanyaku memastikan.

“Benar Pak. Silahkan dicari nama Bapak di daftar hadir ini kemudian ditandatangani. setelah itu tolong bapak berdiri disamping spanduk ini untuk di foto oleh salah satu tim kami.” Pinta Bapak penerima tamu dengan ramahnya.

Sebelum masuk ruangan utama Mango Tree, saya diberikan tanda pengenal untuk ditempel di sisi atas pakaian dan diberikan satu lembar form feedback. Saat masuk ruangan utama, saya melihat ruangan sudah ramai. Saya melihat wajah-wajah baru yang belum saya kenal. Sebagian diantara mereka sudah duduk rapi di kursi sambil melahap makan siang. Saya sempat bingung dan diam berdiri sejenak. Keringat yang keluar dan rasa lelah selama perjalanan tadi masih sangat saya rasakan. Kini, perlahan panas diluar sana berubah menjadi sejuk AC di ruangan. Seorang pramusaji mempersilahkan saya untuk ikut mengantri mengambil menu makan siang. Lengkap deh siang ini, baru sampai Mango Tree langsung disambut makan siang. Saya tidak mengira akan disambut hangat dalam acara seperti ini. saya mengambil menu makan siang kemudian duduk di kursi yang paling depan. Saatnya santap menu spesial ini.

Pukul 13.10 acara workshop dibuka. Master of Ceremony (MC) membacakan susunan acara. MC juga memberi informasi ada hadiah 2 tiket pesawat pulang pergi untuk satu kali perjalanan menuju destinasi wisata tanah air bagi pemenang live tweet acara ini. Sejak info tersebut sebagian peserta mengeluarkan gadget memulai perbanyak tweet tentang acara yang tengah berlangsung. Tweet nya disertakan @ticksolutions hastag Indonesia Flight. Saya pun ikut live tweet. Pemandangan seluruh peserta yang ikut live tweet udah seperti wartawan yang ikut konferensi pers. Semua pada sibuk mengambil gambar kemudian menuliskan tweet pada gadgetnya masing-masing.

Sambutan dari Mbak Nuniek dari Indonesia Flight. Dari sambutannya itu ada satu poin yang baru saya mengerti mengapa saya bisa ikut acara ini. Mbak Nuniek bilang dalam sambutannya, “Salah satu faktor yang mempertimbangkan kami dalam memilih calon peserta untuk ikut acara Mini Workshop Travel Blogger ini adalah keaktifan calon peserta dalam menulis di blog. Jadi tim kami mengamati satu per satu tulisan blog kalian. Nah kalian yang mai undang untuk hadir disini adalah blogger-blogger yang aktif yang lolos proses seleksi itu.” Saya tersenyum mendengar info itu.  Seperti gak percaya saya bisa terpilih untuk ikut acara. Padahal saya itu nulis masih sering terbawa mood. Saya menganggap ini sebagai hadiah di penghujung tahun 2015.

 

Sambutan selantunya Mbak Marcella, CEO Indonesia Flight menyampaikan,”Indonesia Flight adalah official partner dari tiket.com. Indonesia Flight berdiri sejak bulan Agustus 2012. April 2013, aplikasi Indonesia Flight @IndonesiaFlight selesai dibuat dan bisa di download pengguna Android dan IOS (Appstore). April 2015 Indonesia Flight sampai saat ini berubah menjadi bentuk perseroan PT. Globalnet. Di Indonesia Flight, kami mengadakan promo yang kami sebut flash sale discount. Flash sale discount itu potongan harga tiket dari harga normal. Promo ini disebut promo singkat karena promo ini hanya berlangsung dalam 2 jam. Dalam satu bulan, kami mengadakan flash sale discount ini satu sampai dua kali.”

Ibu Marcella CEO Indonesia Flight sedang menyampaikan sambutan dan Company Profile Indonesia Flight (Sumber : dokumentasi pribadi)

Ibu Marcella CEO Indonesia Flight sedang menyampaikan sambutan dan Company Profile Indonesia Flight (Sumber : dokumentasi pribadi)

Acara yang ditunggu-tunggu tiba. Mini Workshop Travel Blogger bersama Mas Ariev Rahman. Ini kali pertama saya bertemu dengan Mas Ariev. Berikut poin-poin materi yang disampaikan Mas Ariev yang sudah saya ringkas :

Pertama, secara sederhana travel blogger adalah tulisan yang mengenai pengalaman seseorang yang ditulis dalam sebuah media yang disebut blog. Sedangkan menurut Lonely Planet’s penulis buku Guide to Travel Writing menyebutkan travel writing is a good travel article is structured or shapes, like a good short story, with clear beginning, middle, and end. Ada 3 elemen travel blogger, yaitu :  blog, cerita, dan foto.

Kedua, tulisan yang kamu suka di travel blog, yang kayak gimana? Berdasarkan survei bentuk tulisan travel blog yang paling banyak diminati pembaca adalah bentuk tulisan yanh naratif (47%) dan deskriptif kayak yang dimuat di detik.com (22%).

Mas Ariev Rahman menyampaikan materi Travel Blogger (sumber : dokumentasi pribadi)

Mas Ariev Rahman menyampaikan materi Travel Blogger (sumber : dokumentasi pribadi)

Ketiga, langkah-langkah menulis travel blog. Ada bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Bagian pendahuluan; menentukan topik, rinci aktivitas yang dialami, tentukan bagian / aktivitas mana yang akan di eksplore.  Bagian isi : tuliskan cerita sesuai topik yang sudah ditentukan dari awal hingga akhir perjalanan. Awali cerita dengan dialog agar cerita lebih hidup. Atau bisa juga lewat pernyataan singkat. Sehingga pembaca sejak awal membaca blog tertarik membaca tulisan hingga bagian akhir tulisan. Bagian penutup, ingat bagian penutup ini adalah bagian terakhir saat kamu ‘berpisah’ dengan pembaca. Berikan kesan-kesan mu dari perjalanan ini. Bisa juga menuliskan saran mengenai destinasi yang telah dikunjungi.

Salah satu slide yang ditampilkan Mas Ariev mengenai konten travel blog (sumber : dokumentasi pribadi)

Salah satu slide yang ditampilkan Mas Ariev mengenai konten travel blog (sumber : dokumentasi pribadi)

Keempat, mengembangkan cerita lebih hidup; tambahkan dialog (semakin banyak dialog tokoh semakin hidup), buat karakter yang kuat, berikan informasi yang dapat dipercaya (misalnya harga tiket, hotel, biaya pengurusan visa), gunakan dan libatkan panca indra. Mas Ariev juga bilang, “Cerita perjalanan tidak akan pernah basi. Yang basi hanya informasinya karena seiring bertambah waktu informasi juga akan berubah.”

Slide cara mengembangkan Travel Blog (sumber : dokumentasi pribadi)

Slide cara mengembangkan Travel Blog (sumber : dokumentasi pribadi)

Mas Ariev Rahman menutup presentasi dengan ungkapan, “Traveling is to see, while travel blogging is to share.” Disambut tepuk tangan meriah dari seluruh peserta. Di luar sana masih turun hujan. Suara air hujan yang mengenai dinding-dinding kaca gedung Epiwalk  terdengar hingga ke dalam ruangan ini.

Acara selanjutnya, pengumuman dua orang pemenang live tweet acara ini yang disampaikan Mbak Nuniek. Semua peserta berharap penuh penasaran. Ternyata pemenang live tweet adalah dari peserta perempuan, Mbak Nita Sellya (@nitasellya) dan Mbak Nindya (eanindya). Para Pemenang tersebut diminta maju dan diberikan hadiah tiket pulang pergi untuk satu kali perjalanan mengunjungi destinasi wisata di tanah air.

Acara Mini Workshop Travel Blogger ini ditutup dengan foto bersama. Setelah foto bersama ini, saya berkenalan dengan beberapa travel blogger seperti Mas Timothy W. Prawiro, Mas Bartian, Mas Salman, Mbak Sonya, dan Mas Wianwee. Kami saling follow twitter masing-masing. Terasa sekali manfaat acara hari ini. Menambah wawasan tentang travel blog dan menambah teman juga. Sebuah momen yang berharga. Berharap semoga kita saling menyemangati untuk terus menulis. Saya berharap bisa bertemu kembali dengan mereka di acara yang berbeda dan di waktu yang berbeda tentunya. Berharap langkah kecil hari ini bermanfaat di kemudian hari.

Foto Bersama dengan seluruh peserta Mini Workshop Travel Blogger (sumber : twitter @IndonesiaFlight)

Foto Bersama dengan seluruh peserta Mini Workshop Travel Blogger (sumber : twitter @IndonesiaFlight)

Sebelum beranjak pulang, peserta mengumpulkan form feedback yang sudah diisi dan menunjukkan aplikasi Indonesia Flight di gadget masing-masing pada panitia yang ada meja tamu sebagai syarat  mendapatkan merchandise berupa goodie bag dan buku note. Wah merchadisenya warnanya merah putih. Seperti warna bendera negara kita.

Terimakasih Indonesia Flight @IndonesiaFlight.

 

Selesai ditulis di Jakarta, 28 Desember 2015.

 

 

 

Advertisements

3 thoughts on “Indonesia Flight : Mini Workshop Travel Blogger

  1. arievrahman December 29, 2015 at 7:56 am Reply

    Terima kasih sudah hadir Mas, semoga acaranya bermanfaat yaa 😀

    • imron prayogi December 29, 2015 at 1:23 pm Reply

      Sama-sama Mas Ariev. Terimakasih Mas Ariev sudah mampir di blog saya. Semoga agenda travel blog selanjutnya saya bisa berpartispasi lagi

  2. Tahun Baru, Semangat Baru | imron26 January 19, 2016 at 11:55 pm Reply

    […] Indonesia Flight : Mini Workshop Travel Blogger 2015 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: