Motivasi Menulis

 

Sudah lama sekali tidak menulis. Terakhir aku menulis di bulan september atau oktober 2014. Pagi ini aku kembali mengikrarkan untuk kembali menulis. Dan sekarang aku ingin menulis tentang mengapa saya menulis?

  1. Menulis adalah sarana menuangkan isi hati dan segala penat yang mengganjal di hati. Sarana untuk terapi agar emosi kita stabil. Dengan menulis akan lahir kepuasan setelah tulisan selesai ditulis. apalagi menuliskan emosi negatif yang sedang dihadapi, entah tulisan itu berikan uneg-uneg, keluh kesah, bahkan harapan sekalipun. Berharap bahwa ketika saya sedang mengalami keterpurukan pun masih bisa menulis. masih bisa mengeluarkan ide lewat tulisan. Saya hanya ingin agar aku bisa menapaki hari ini dengan ikhlas, hari-hari selanjutnya dilalui dengan ringan, tulus, dan dengan hati yang bersyukur.
  2. Menulis adalah kemauan untuk berbagi pengalaman. Sebaik apapun rezeki yang saya terima, sebahagia apapun perasaan yang saya rasakan, sesedih apapun perasaan yang saya rasakan, saya harus mampu berbagi pengalaman. Minimal dengan menuliskannya. Atau bisa juga berbagi cerita kepada teman dekat saya. Dengan begitu saya bisa menjalin interaksi dengan teman akrab saya lebih dari sekedar mengenalnya. Tetapi lebih kepada rasa saling memahami dan menghargai.
  3. Menulis adalah keterampilan yang bisa saya pelajari. Saya yakin semakin sering seorang menuangkan ide dalam bentuk tulisan, semakin terampil orang tersebut dalam menulis. Kalau dalam buku Menulis Kreatif Bapak Oleh Sholihin tertulis bahwa menulis itu tidak cukup menunggu waktu luang. tetapi luangkanlah waktu untuk menulis. Luangkanlah dari dua puluh empat jam sehari, setengah jam sampai satu jam untuk menulis. Dengan begitu semakin hari demi hari akan terlihat kemajuan dalam menulis.
  4. Menulis adalah bagian dari semangat hidup. Dengan indikasi menulis itu bisa dikatakan orang itu memiliki semangat menulis yang tinggi. Tidak peduli tulisannya dimuat di surat kabar atau tidak, tidak peduli tulisannya diterbitkan atau ditolak oleh berbagai penerbit. Saya hanya ingin menggali dan mengembangkan potensi saya dalam bidang menulis. Dan saya percaya untuk menghasilkan karya tulis yang baik harus mempunyai semangat menulis kuat. Tidak rapuh dengan kritik tajam para pembaca. Misalnya, sekali dikritik sudah malas menulis lagi. Tulisan tidak jadi buku, kecewa yang berkepanjangan. Dari sekarang saya harus mulai banyak membaca para penulis yang memiliki semangat menulis yang kuat. Seperti para senior Forum Lingkar Pena, ada Mbak Helvy Tiana Rosa, ada Mbak Pipiet Senja, ada Kang Abik dan masih banyak lagi yang lain. Bagi saya mereka telah melewati proses panjang dalam menulis dan menghasilkan tulisan yang berkualitas. Seperti kang Abik dalam buku Catatan Motivasi Seorang Santri, menurut saya cerpen yang dimuat di buku itu masih sangat sederhana. Kang Abik bilang dalam buku ini dilampirkan cerpen-cerpen yang Kang Abik tulis ketika awal karier Kang Abik menulis. Tetapi berapa tahun kemudian, Kang Abik menulis novel Ayat-Ayat Cinta yang mendapat respon luar biasa oleh pembaca di tanah air. Bahkan novel tersebut mendapat pujian dari berbagai tokoh penulis senior di tanah air. Artinya Kang Abik memiliki konsistensi dalam menulis. Memiliki semangat luar biasa dalam menulis. Dan tulisan yang ditulis dengan keikhlasan dan penuh kesungguhan. Saya ingin menjadi seperti Kang Abik yang memiliki semangat menulis yang tinggi. Saya ingin menulis yang bermanfaat bagi diri saya dan orang lain dan tulisan itu membawa pesan kebaikan pada pembacanya. Belum ada kata terlambat untuk memulai menulis. Selama detak kehidupan masih berbunyi, selagi keinginan kuat masih dimiliki, maka tetaplah menulis. Untuk hasilnya, saya bertawakal kepada Allah Yang Maha Pemberi Rahmat.
Leave a Reply

