Memperbaiki NTLDR is Missing


NTLDR is missing adalah salah satu kerusakan yang tejadi pada sistem C pada hardisk. Penyebab utamanya terhapusnya file NTLDR dan file NTDETECT.com pada sistem C. Dampak kerusakan ini, kita tidak bisa mengaplikasikan program windows. Namun dalam kerusakan ini tetap masih bisa diperbaiki (repair). Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Langkah pertama masukkan CD Windows ke CD ROM komputer.



Langkah kedua, setelah tampil proses  booting awal seperti pada gambar diatas, tekan salah satu tombol pada keyboard (bebas) untuk masuk ke windows setup. Maka muncullah tampilan seperti di bawah ini.


Langkah ketiga, tekan tombol R (repair) pada keyboard untuk memperbaiki sistem pada hardisk. lihat  gambar seperti di bawah ini.

Langkah keempat, tekan tombol 1> tekan Enter untuk masuk pada sistem windows seperti pada gambar. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :



Langkah kelima, ketik E: >tekan Enter untuk masuk ke CD windows (E:). Karena kita bermaksud mengcopy file NTDETECT.com dan NTLDR dari CD windows ke sistem C pada hardisk. Lihat gambar selanjutnya :

Langkah keenam, ketik DIR (directory)> tekan tombol enter. Fungsinya adalah untuk melihat isi folder yang ada pada CD windows (e:).  Maka akan muncul folder yang bernama I386. Nah, salah satu isi dari folder I386 menyimpan file NTDETECT.COM dan NTLDR yang akan kita Copy ke sistem C. silahkan lihat tampilan di bawah ini :

Langkah ketujuh, ketik C :>tekan Enter.

Kemudian ketik CD spasi titik titik (CD ..)> tekan Enter

ketik DIR>tekan Enter  untuk masuk ke sistem C. maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Langkah kedelapan, ketik E :>tekan Enter. Kemudian ketik CD spasiI I386 titik titik (CD I386)> tekan Enter> untuk masuk  ke folder E. maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Langkah kesembilan, ketik COPY spasi NTDETECT.COM spasi C:>TEKAN enter.


Langkah kesepuluh
, ketik C: tekan Enter. Kemudian ketik DIR>tekan Enter. Untuk membuktikan apakah file tersebut sudah tersalin atau belum ke sistem C. gambar dibawah ini menampilkan bahwa file NTDETECT.COM telah berhasil tersalin ke sistem C:.

Langkah kesebelas, ketik E:> tekan Enter untuk kembali ke folder E: (CD windows) Karena kita masih akan menyalin (copy) file NTLDR dari CD windows ke sistem C.

lakukan hal yang sebelumnya, COPY spasi NTLDR spasi C:>tekan Enter.

lagi-lagi kita harus kembali memeriksa apakah file NTLDR telah tersalin ke sistem C apa belum. caranya, ketik COPY spasi NTLDR spasi C:>tekan Enter. dibawah ini adalah tampilan gambar bahwa file NTLDR telah berhasil tersalin dari CD windows (E:) ke sistem C pada hardisk. lihat gambar dibawah ini:

Langkahkedua belas adalah ketik EXIT>ENTER.  FINISH

sekarang kita sudah bisa mengaplikasikan program windows. selesai


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: